Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Laporan Realisasi APBDes Tahun Anggaran 2022

Laporan Realisasi APBDes Tahun Anggaran 2022

Pemerintah Desa Mekarjaya telah berhasil melaksanakan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, proses pelaksanaannya juga terbilang transparan dan akuntabel. Dalam proses tersebut, pemerintah desa melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan masukan dan saran mengenai prioritas pembangunan yang harus diutamakan.

"Kami berusaha untuk memperhatikan kebutuhan masyarakat dan mengalokasikan anggaran yang ada secara proporsional dan transparan," ujar Abah Koko selaku Kepala Desa Mekarjaya.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah desa memberikan informasi secara berkala kepada masyarakat melalui media sosial dan papan pengumuman yang ada di desa. Dengan begitu, masyarakat bisa memantau langsung proses pelaksanaan APBDes dan mengetahui bagaimana anggaran desa digunakan untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat.

 

Komentar

Wawan
Selasa, 28 Februari 2023 14:30

Kepada Kepala Desa Mekarjaya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Desa Mekarjaya rata-rata pekerjaannya adalah sebagai petani padi. Dan kita ketahui juga bahwa jalur atau persawahan yang dimiliki masyarakat berada lumayan jauh dari pemukiman. Saya hanya bisa menyarankan beberapa hal berikut : 1. Pembukaan jalanan dengan ke area utama persawahan. 2. Pengaspalan/pengecoran jalan utama ke persawahan sesuai standar agar jalan tidak mudah rusak. 3. Lalu perawatan jalan utama ke persawahan setiap 2 bulan sekali. 4. Memberikan arahan kepada masyarakat untuk menjaga fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah desa. Selain hal tersebut, saya juga menyarankan agar di Desa ini juga ada penarikan sampah rumah tangga dengan truk sampah, dan membimbing masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Lalu mengajak anak muda untuk menata jalanan desa dengan baik untuk menjaga estetika, seperti menanam tanaman bunga, sayuran, atau sebagainya. Hal ini bermanfaat untuk menarik perhatian masyarakat dari luar Desa Mekarjaya mengetahui lebih jauh tentang desa ini apalagi Desa Mekarjaya termasuk salah satu desa adat di Kabupaten Purwakarta. Jujur saja, beberapa hal sudah berjalan dengan baik, seperti irigasi sawah, jalan utama desa, dan kesejahteraan masyarakat sudah cukup baik. Selanjutnya adalah untuk merawatnya, menjaganya, dan melestarikannya. Semoga Desa Mekarjaya selalu diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin. Salam Sejahtera !!!

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *