Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pelakasanaan PPKM Desa Mekarajaya "Kegiatan Sosialissi dan Penyemprotan Desinfektan Tahap 1"

Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Desa Mekarjaya dipastikan berjalan dengan baik. Pada Hari Kamis 08/04/2021, Pemerintah Desa Mekarjaya bekerja sama dengan Babinsa , Babinkamtibmas dan  Pihak Puskesmas Kiarapedes melakukan kegiatan sosialisasi terkait pandemi Covid-19 kepada masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan berkeliling ke lingkungan masyarakat dengan memberitahukan segala arahan dan protokol kesehatan. Selain kegiatan sosialisasi , Pemerintah Desa Mekarjaya juga melakukan tindakan penyemprotan massal desinfektan guna mencegah infeksi penyebaran Covid-19. Dengan mengunjungi setiap sudut lingkungan masyarakat para petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) melakukan penyemprotan desinfektan dengan aman dan teratur sesuai anjuran protokol kesehatan. Dalam hal ini Kepala Desa berharap masyarakat lebih peduli dan mematuhi himbauan upaya pencegahan penyebaran Virus oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat.

Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades 2021

Panitia Pemilihan Kepala Desa Mekarjaya pada hari Jum’at tanggal 02 April 2021, mengadakan rapat pleno di Ruang Sekretariat Panitia untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dari daftar pemilih sementara  tercatat 2075 pemilih, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.075 Pemilih dan pemilih perempuan sejumlah 1.000 Pemilih. Setelah ditetapkan DPS diumumkan di papan pengumuman sekretariat dan diumumkan kepada masyarakat melalui Perangkat Desa, Kepala Dusun, untuk di teliti, di verifikasi dan di validasi sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Masyarakat diharapkan berperan aktif meneliti dan mengecek DPS Pilkades untuk selanjutnya melaporkan kepada Ketua RT atau Perangkat Desa masing-masing apabila ada data nama ganda,meninggal,pindah atau ada pemilih yang belum terdaftar dalam DPS sehingga pemilih dapat mempergunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara. Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Mekarjaya Saudara Otong Jaenudin, mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Mekarjaya saat ini sudah mulai tahapan Penetapan dan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS). "Ulah runtag duduluran alatan beda pilihan Pilkades Mekarjaya Sukses Tanpa Ekses"

Vaksinasi Perangkat Desa dan Panitia Pemilihan Pilkades Desa Mekarjaya

Sistem kekebalan tubuh bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri namun dikarenakan virus Corona ini memiliki daya tular yang tinggi dan beresiko kematian pada penderitanya diperlukan cara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 yang di berikan Oleh Pemerintah, maka pada Rabu (23/3/2021) bertempat di Puskesmas Kiarapedes, Perangkat Desa Desa Mekarjaya dan Panitia Pemilihan Pilkades Desa Mekarjaya melaksanakan Vaksinasi covid-19 Tahap I, Pemberian vaksin Covid-19 ini merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih berlangsung. . Sebelum vaksinasi dilakukan setiap orang dicek dulu kesehatannya sesuai prokes, dan setelah vaksinasi dilakukan semua orang disuruh untuk berdiam duku selama 30 menit guna melihat apakah ada dampak setelah vaksinasi namun setelah semua dilakukan tidak ada dampak yang terasa atau dalam kata lain normal - normal saja.

Pelantikan Panitia dan Pengawas Pilkades 2021 Desa Mekarjaya

Mekarjaya, 08 Maret 2021 Menyongsong pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa tahun 2021, Senin 08 Maret 2021 bertempat di aula kantor desa, diadakan pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Mekarjaya tahun 2021. Pada kesempatan tersebut 8 orang dilantik untuk perhelatan pilkades sesuai peraturan yang ada. Sebagai Ketua panitia terpilih saudara Otong Jaenudin berharap semua pihak membantu kelancaran panitia dalam melaksanakan pilkades yang damai lancar dan menghasilkan pemimpin yang baik. Ditempat terpisah ketua BPD Desa Mekarjaya, Ambar Widodo berharap panitia pilkades dapat berbuat adil dan tidak memihak kepada salah satu calon yang nantinya mengikuti kontestasi pilkades agar situasi dan kondisi bisa aman dan tentram.

Pagelaran Seni Budaya Desa Mekarjaya

Mekarjaya, 17 Maret 2021 Di era globalisasi saat ini, teknologi terus berkembang memacu peradaban manusia yang semakin terus berubah. Tidak hanya perkembangan dari bidang teknologi tetapi juga berkembang dari bidang budaya. Oleh sebab itu budaya asing dapat ditemui dengan mudah. Maka dari itu penting adanya kita bersama-sama menjaga budaya sendiri daripada lebih membanggakan budaya orang lain.  Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta perlu dilestarikan agar kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu kita kelak. Hal ini tentu menjadi tanggungjawab para generasi muda dan juga perlu dukungan dari berbagai pihak, karena ketahanan budaya merupakansalah satu Identitas suatu negara. Dengan melestarikan budaya lokal kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing, danmenjaga agar budaya kita tidak diakui oleh Negara lain. Mengingat semua hal penting tersebut masyarakat menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Desa Mekarjaya dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan seni dan kebudayaan lokal yang menjadi warisan para leluhur masyarakat setempat. Bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta. Dimana DISPORA tersebut berfokus pada tiga bidang, yaitu Bidang Olahraga, Seni Budaya, dan Wisata. Acara tersebut dihadiri Pula oleh Kepala Dinas DISPORA dan Camat Kiarapedes.