Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pemilihan Kepala Desa Mekarjaya

Pada Hari Sabtu , tertanggal 16 Oktober 2021 diselenggarakan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, termasuk Desa Mekarjaya.. Sementara, total TPS di Desa Mekarjaya tercatat sebanyak 5 (lima) tempat dengan total pemilih sebanyak 2067 orang yang telah sesuai dengan aturan pembatasan jumlah pemilih dalam satu TPS (500 orang) dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Adapun peroleh suara yang didapat antara lain : KOKO dengan jumlah 1093 suara DASTIM dengan jumlah 645 suara Dengan ini Pemilihan Kepala Desa periode 2021-2027 telah dimenangkan oleh calon nomor urut 1.KOKO. Namun demikian menurut YANA MULYANA selaku Pj. Kepala Desa Mekarjaya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menerima hasil pemilihan ini dengan hati yang ikhlas dan penuh kebanggaan. Begitu pula diharapkan agar semua elemen masyarakat desa untuk dapat bergotong royong dan bekerja sama dalam memajukan Desa Mekarjaya agar lebih baik lagi dimasa depan.

Bimtek Bagi Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Desa Mekarjaya

Guna memberikan pemahaman sedetail mungkin tentang tugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), KPPS Desa Mekarjaya bersama PPK Kecamatan Kiarapedes melaksanakan bimbingan teknis (bimtek). Kegiatan yang dilakukan ini dilaksanakan Kamis 14/10/2021. Bimtek KPPS berlangsung di balai Desa Mekarjaya. Sejumlah materi disampaikan dalam bimtek tersebut, seperti pemungutan dan penghitungan suara, tanda pemberian suara sah dan tidak sah, serta teknis pemungutan suara dan penghitungan suara. Untuk meningkatkan pemahaman teknis, juga dilaksanakan simulasi seluruh tahapan pemungutan suara, mulai pra-pemungutan suara dengan mengumumkan waktu dan tempat pemungutan, mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih dan pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pilkades kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, karena saat ini masih dalam masa pandemi covid 19 jadi protokol kesehatan sangat di utamakan. Selain itu juga dilangsungkan simulasi pada bimtek KPPS dengan tahapan pemungutan suara. Mulai dari memastikan kelengkapan TPS, pembukaan pemungutan suara. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan kotak suara dan mengeluarkan isinya, menjelaskan tata cara pemberian suara, pemungutan, dan penghitungan suara kepada pemilih.  

Vaksinasi Warga Desa Tahap 1 (Vaksin Sinovac)

Bertempat di Aula Kantor Desa Mekarjaya, Selasa 14 September 2021 mulai pukul 08.00 s/d  Selesai , telah dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid19 jenis Sinovac Vaksin Tahap I oleh Puskesmas Kiarapedes di pimpin oleh Ratna Dewi, Amd.Keb  dengan sasaran penerima Vaksin masyarakat umum Desa Mekarjaya. Adapun tata cara Vaksinasi pertama bagi penerima vaksin harus memulai dengan Pendaftaran, dilanjutkan Skrining dan pemeriksaan dokter, kemudian Vaksinasi dan Observasi. Kegiatan berjalan aman dan lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mengunakan handsanitiser dan menjaga jarak. Tujuan utama vaksinasi di masa pandemi Covid-19 ini adalah untuk menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity. Terciptanya herd immunity merupakan hal yang penting karena terdapat anggota masyarakat yang tidak dapat memperoleh vaksin karena alasan tertentu. Dalam kegiatan ini, Kepala Desa Mekarjaya berharap dengan diadakannya vaksinasi untuk warga ini dapat segera memutus mata rantai penyebaran covid-19, namun meskipun telah divaksin, harus tetap  mengikuti protokol kesehatan, memakai masker saat bepergian keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan, menjaga imunitas tubuh.

Penyaluran BLT - Dana Desa Bulan September Tahun 2021

Pemerintahan Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes Telah Merealisasikan Kegiatan Penyaluran BLT Dana Desa (DD) untuk Bulan September Tahun 2021, telah selesai tersalurkan kepada 170 KPM, dengan nilai 300.000 per kepala keluarga dengan  Jumlah Anggaran Rp. 51.000.000 per bulan, sesuai dengan Daftar Rincian Kegiatan Dana Desa Tahun 2021. Kegiatan Penyaluran BLT Dana Desa tersebut di hadiri oleh Babinsa Mekarjaya , Perangkat Desa, BPD dan Pengurus RT dan RW  sesuai Prokes COVID-19. Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup. Tujuan penyaluran bantuan ini adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat. Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meringankan beban warga masyarakat terutama dalam masa pandemi dan dapat digunakan sebaik mungkin.

Pelakasanaan PPKM Desa Mekarajaya "Kegiatan Sosialissi dan Penyemprotan Desinfektan Tahap 1"

Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Desa Mekarjaya dipastikan berjalan dengan baik. Pada Hari Kamis 08/04/2021, Pemerintah Desa Mekarjaya bekerja sama dengan Babinsa , Babinkamtibmas dan  Pihak Puskesmas Kiarapedes melakukan kegiatan sosialisasi terkait pandemi Covid-19 kepada masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan berkeliling ke lingkungan masyarakat dengan memberitahukan segala arahan dan protokol kesehatan. Selain kegiatan sosialisasi , Pemerintah Desa Mekarjaya juga melakukan tindakan penyemprotan massal desinfektan guna mencegah infeksi penyebaran Covid-19. Dengan mengunjungi setiap sudut lingkungan masyarakat para petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) melakukan penyemprotan desinfektan dengan aman dan teratur sesuai anjuran protokol kesehatan. Dalam hal ini Kepala Desa berharap masyarakat lebih peduli dan mematuhi himbauan upaya pencegahan penyebaran Virus oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat.