Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Transparansi dan Akuntabilitas APBDes: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Desa yang Berkelanjutan

Transparansi dan Akuntabilitas APBDes: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Desa yang Berkelanjutan

Pemerintah Desa Mekarjaya berhasil menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2023. Penyusunan APBDesa ini dilakukan setelah melalui berbagai tahapan yang melibatkan seluruh unsur masyarakat desa, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Permberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan Tokoh Masyarakat.

Dalam APBDesa Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Desa Mekarjaya menargetkan untuk menigkatkan kualitas infrastruktur dasar, seperti jalan lingkungan, jalan usaha tani, kesehatan dan pemulihan ekonomi. Selain itu, Pemerintah Desa juga akan fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui porgram-program ketahanan pangan seperti penyediaan bibit manggu, ternak domba, dan pembangunan irigasi persawahan. 

Kepala Desa Mekarjaya (Abah Koko) juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan APBDesa. Oleh karena itu, pemerintah desa akan melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam pengawasan pembangunan anggaran desa.  Diharapkan dengan adanya partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan tersebut, pelaksanaan APBDesa dapat berjalan dengan transparansi dan akuntabel, serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi desa berkelanjutan dan lebih baik.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *