Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Monitoring Bumdes Jaya Makmur | Desa Mekarjaya

Monitoring Bumdes Jaya Makmur | Desa Mekarjaya

Senin, 14 Maret 2022

Pihak Kecamatan bersama Pendamping Lokal Desa melakukan monitoring kepada Bumdes Jaya Makmur , Desa Mekarjaya.

Maksud dan tujuan pelaksanaan Monev tersebut adalah selain untuk Memonitor tingkat perkembangan BUMDes juga untuk mengetahui permasalahan dan hambatan-hambatan apa saja yang sering dihadapi baik oleh pengurus BUMDes maupun pemerintah desa dalam rangka pengelolaan dan pengembangan BUMDes di Desa Mekarjaya. Karena BUMDes merupakan lembaga  keuangan yang masih sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang bergerak di bidang usaha Mikro kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya.

Dari hasil Monev yang dilaksanakan hari ini, ditemukan permasalahan yang paling banyak dihadapi oleh BUMDes adalah kurangnya modal dan koordinasi antar pengurus bumdes. Selain itu, masih ada pengurus BUMDes yang membutuhkan bimbingan untuk pembukuan dan laporan keuangan.

 

Pendirian BUMDes sendiri memiliki tujuan untuk mencari dan menambah Pendapatan Asli Desa (PA Desa). Sehingga diharapkan ke depan BUMDes bisa menjadi sumber utama pendapatan desa, sehingga pendapatan transfer hanya sebagai pendukung saja bagi penyelenggaraan dan pembangunan desa. Diharapkan BUMDes nantinya akan tumbuh dan berkembang kearah yang sejalan dengan semangat berprofit dan beroperasional secara ideologis sehingga benar-benar mendatangkan benefit sebagaimana karakter yang harus ada di BUMDes. Meskipun demikian BUMDes tetap juga mempunyai fungsi sosial yaitu untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan menggerakkan potensi ekonomi lokal desa.

Komentar

Aditya Prasetya
Selasa, 15 Maret 2022 17:38

Assalamualaikum ,mohon maaf bapak/ibu ,saya ingin menanyakan soal darimana saja modal untuk BUM Desa di dapat?

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler